Buku Adalah Jendela Dunia


Banyak orang yang jarang dan tidak senang membaca buku, melainkan bermain-main dengan PS, menonton tv, komputer, dan lain-lain. Padahal, banyak orang yang sering mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia! Buku memberikan kita banyak pengetahuan. Dengan  membaca satu buku, kita bisa mendapat banyak pengetahuan sekaligus! Jadi, jika kita banyak dan senang membaca buku, kita bisa menjadi pintar. Tidak hanya buku sekolah yang bisa kita baca, tapi juga buku cerita, ensiklopedi, atau buku-buku lainnnya.

Beberapa alasan kenapa orang senang membaca buku adalah: satu, karena buku selalu memberikan pengetahuan yang tidak pernah habis atau “ketinggalan jaman”. Dua, karena buku membuat kita banyak berimajinasi. Dengan membaca buku, kita pasti mempunyai gambaran akan apa yang kita baca itu. Ketiga, buku itu banyak untuk semua orang, dan bisa kita baca kapan saja dan dimana saja. Belum itu, buku bisa kita bawa kemana-mana. Buku juga terdapat dimana-mana, dan jika kita tidak mau membeli buku, kita bisa meminjam buku di perpustakaan.

Jenis-jenis buku ada dua, yaitu fiksi dan non-fiksi. Fiksi adalah buku cerita, imajinasi, dan seringnya tidak asli. Non-fiksi adalah buku-buku yang asli, yang terjadi di bumi ini. Dulu, sebelum ada kertas, orang memakai batu, dan mereka menulisnya dengan batu tulis. Lalu, ada gulungan, dimana sebuah kertas panajng digulung. Dulu, orang menulis dengan memakai tinta dari binatang atau tumbuhan, menggunakan bulu yang ujungnya lancip. Sekarang, kita sudah menulis di buku tulis, bahkan bisa mengetik dan mencetaknya dengan mudah.

Jika kita ingin membaca buku, sebaiknya kita memilih waktu yang tepat, agar tidak terganggu. Jangan lupa juga untuk membaca buku yang disukai. Jika tidak, kita tidak akan menikmatinya. Lalu, pastikan juga agar posisi kita benar dan enak, dan tempatnya harus terang, nyaman, dan enak. Jika mata kita mulai terasa lelah, istirahatkanlah dulu dengan melakukan aktifitas lain, agar mata kita tidak terasa sakit. Kita juga tidak boleh membaca buku setiap saat. Harus kita imbangi dengan olahraga, dan lain-lain. Jika tidak, kita bisa lupa waktu. girlie-with-bookDan jangan lupa belajar dari buku yang sudah kita baca!

Tapi, banyak juga orang yang tidak begitu suka membaca buku. Mereka lebih senang membaca komik, majalah, atau menonton daripada membaca buku. Memang, banyak kegiatan yang lebih diminati daripada membaca, tapi sebenarnya, membaca buku lebih baik daripada  membaca komik (misalnya), karena komik hanya terdiri dari kata-kata yang diucapkan oleh karakter, dan biasanya komik lebih banyak untuk hiburan, dan tidak ada pelajaran yang bisa diambil dari ceritanya.

Buku bisa kita jadikan teman, karena buku bisa kita bawa kemana-mana. Banyak orang yang merasa tidak nyaman jika mereka tidak baca hanya selama sehari saja. Sebagian orang seang membaca buku cerita, sebagian senang membaca buku pengetahuan, bahkan ada yang senang membaca kamus! Tapi sekarang, banyak orang yang lebih membaca di komputer menggunakan internet, daripada membaca buku. Padahal, membaca cerita atau tulisan di komputer terlalu lama mambuat mata sakit

Salah satu cara agar kita bisa mendapatkan buku yang kta suka adalah lewat: toko-toko buku, internet, pameran buku, meminjam teman, perpustakaan, dan lain-lain. Sekarang, dunia sudah modern, jadi mudah sekali untuk mendapatkan buku. Jadi, mulailah jadikan buku sahabatmu, atau jadikan membaca hobi barumu.

org-baca1“The more that you read, the more things you will know. The more you learn, the more places you’ll go.” – Dr. Seuss, “I can read with my  eyes shut!”

Source:  http://hary84.wordpress.com/2007/07/16/buku-jendela-ilmu-tiada-batas/ , http://rey-vny.blogspot.com/2008/02/membaca-itu-menyenangkan.html , http://en.wikipedia.org/wiki/Book

Artikel Writing Workshop 2008

Kelas 6Y

Leave a comment